Minggu, 27 Januari 2019

Reaksi Reduksi dan Oksidasi

Ilustrasi  : Contoh reaksi redoks yang ada disekitar kita, "paku berkarat"

Dalam bahan ajar ini, Anda akan mempelajari Reaksi Reduksi dan Oksidasi yang mencakup Konsep reaksi reduksi oksidasi, bilangan oksidasi dan Reaksi reduksi dan oksidasi.

Setelah anda mempelajari bahan ajar ini, anda diharapkan dapat memahami Reaksi Reduksi dan Oksidasi, dan secara khusus, anda diharapkan dapat :
  1. Menentukan perubahan bilangan oksidasi setiap unsur dalam persamaan reaksi redoks
  2. Menganalisis ciri-ciri reaksi redoks berdasarkan adanya reaksi reduksi dan oksidasi.
  3. Menentukan zat oksidator dan reduktor dalam persamaan reaksi redoks.
  4. Menentukan jenis reaksi yang terjadi berdasarkan persamaan reaksi redoks 

Nah untuk memahami reaksi reduksi dan oksidasi, simak uraian berikut :

Waktu anda masih kanak-kanak mungkin anda pernah mendengar dongeng? sedikit ceritanya, pada zaman dahulu kala, ada seorang pangeran yang menunggang kuda putih dan baju zirah yang sangat kuat. Dia mencoba untuk menyelamatkan sang putri dari seorang naga raksasa. Ketika dia mengacungkan pedangnya ternyata naga menyemburkan cairan dari dalam perutnya. Cairan itu membuat pedang sang pangeran menjadi hancur. Mengapa bisa demikian ?

Kenapa pedang sang pangeran hancur ?

Salah satu yang ditakuti oleh besi adalah oksidasi (berkarat) karena ketika besi mengalami oksidasi dia akan menjadi rapuh dan mudah untuk dihancurkan dengan mudah. Karena itu perlu adanya pemeliharaan pada jembatan-jembatan raksasa di dunia setiap tahunnya, disebabkan adanya musuh alami besi yaitu oksidasi.

Apa itu Oksidasi ?
Oksidasi adalah reaksi penambahan atom oksigen, O. Adapula yang berpendapat bahwa oksidasi adalah reaksi penambahan bilangan oksidasi (bilok), tetapi pengertian terbaru untuk oksidasi adalah reaksi pelepasan elektron.
Setiap reaksi yang memenuhi kondisi di atas, maka digolongkan sebagai reaksi oksidasi. sedangkan senyawa yang mengalami oksidasi disebut reduktor

Apa itu Reduksi ?
Reduksi adalah reaksi pengurangan atom oksigen, O. Adapula yang berpendapat bahwa reduksi adalah reaksi pengurangan bilangan oksidasi (bilok), tetapi pengertian terbaru untuk reduksi adalah reaksi penangkapan elektron.
Setiap reaksi yang memenuhi kondisi di atas, maka digolongkan sebagai reaksi reduksi. sedangkan senyawa yang mengalami oksidasi disebut oksidator

Apa itu Biloks ?
Biloks / bilangan oksidasi adalah tingkat oksidasi suatu atom. Tingkat oksidasi menentukan sifat keterikatannya dengan atom lain dan juga reaksinya. untuk menentukan bilangan oksidasi atom dalam senyawa / ion maka anda perlu mempelajari aturan tentang bilangan oksidasi.

Untuk lebih jelas tentang penjelasan materi Reaksi Reduksi Oksidasi, maka bacalah dan pahami bahan ajar berikut :


Nah jika anda sudah mempelajari materi pada bahan ajar di atas, dan belum betul memahami materi yang dibaca Pilihan video berikut bisa membantu anda untuk belajar reaksi Reduksi Oksidasi.



Setelah anda mempelajari bahan ajar di atas, ujilah Pemahaman Anda dengan mengerjakan lembar kerja berikut : 


Selamat berlatih, jika ada koreksi silakan tinggalkan pada kolom komentar.

3 komentar:

  1. Nama Anggota Kelompok:
    1.Maria Carmelita Bulu
    2.Isabela Da Silva
    3.Sary Kareri
    4.Sara Irene Manuputty

    BalasHapus
  2. hmmmm...semangat belajar anak.

    BalasHapus
  3. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus