Sabtu, 19 Februari 2011

Apa yang terjadi ketika rambut kita dikeriting?

Apa yang terjadi ketika rambut kita dikeriting?

Suatu protein yang disebut dengan keratin, merupakan protein yang membentuk rambut manusia, terdiri dari unsur cystine, yaitu senyawa asam amino yang memiliki unsur sulfida, dalam jumlah persentase yang cukup tinggi. Jembatan disulfida -S-S- dari cystine merupakan salah satu faktor utama yang bertanggung jawab atas berbagai bentuk dari rambut kita. Rambut lurus atau keriting dikarenakan keratin mengandung jembatan disulfida yang memampukan molekul untuk mempertahankan bentuk-bentuk tertentu. Di dalam proses keriting atau ‘perm’ (permanent waves) , pertama rambut diberikan senyawa pereduksi yang membuka beberapa ikatan -S-S- .

Hal ini memungkinkan molekul kehilangan daya kekakuannya dan membuatnya lebih lentur. Setelah itu rambut ditata sesuai dengan bentuk yang diinginkan dengan bantuan penggulung rambut atau alat penata rambut lainnya dan kemudian diberikan senyawa pengoksidasi. Senyawa pengoksidasi ini membalikkan reaksi yang disebutkan diatas, membentuk ikatan disulfida baru, sehingga molekul-molekul dapat mempertahankan bentuk baru yang diinginkan. Hal yang sama juga berlaku ketika kita ingin meluruskan rambut kita.
Walaupun kita telah menjalani proses keriting rambut, sesungguhnya keriting pada rambut kita tidaklah bersifat permanen. Rambut akan terus bertumbuh dan setelah beberapa lama kepala kita akan terdapat rambut baru yang cukup banyak jumlahnya. Rambut baru ini memiliki ikatan disulfida sama seperti bentuk rambut kita semula, sehingga lambat laun bentuk dari rambut kita akan kembali secara alami.
Sumber: dikutip dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar