Sahabat Rukim ....
Saya ingin share pengalaman ketika mengajar dengan menggunakan alat peraga, ternyata membelajarkan siswa dengan media sangat memotivasi minat dan aktifitas siswa dalam pembelajaran.
Penelitian tindakan yang saya lakukan terhadap siswa kelas X IPA3 TP.
2017/2018 sebanyak 36 orang. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi belajar
siswa pada siklus 1 84,70% (baik) meningkat pada siklus 2 sebesar 88,31%
(sangat baik); Nilai
rata-rata tes meningkat dari 69,44 pada siklus 1 menjadi 85,69 pada siklus 2,
sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 53,13%
meningkat menjadi 91,67%. Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa: Alat Peraga dapat menjadi media
pembelajaran untuk membantu siswa mempelajari materi pelajaran melalui pengalaman langsung berupa pengalaman konkrit, alat peraga
meningkatkan
motivasi belajar siswa.
Sahabat Rukim sedikit saya uraikan tentang alat peraga, alat peraga merupakan
segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga
dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri peserta didik. Alat peraga
digunakan untuk menjelaskan konsep pembelajaran dari materi yang bersifat
abstrak menjadi nyata sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian
dan minat peserta didik yang menjurus kearah terjadinya proses pembelajaran
Alat
peraga dapat membuat siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran
atau secara ringkas terdapat beberapa alasan yang mendukung perlunya alat
peraga sederhana dibuat sebagai berikut :1. Membantu dalam pembelajaran sehingga penyampaian konsep
2. Alat praktikum yang dimiliki sekolah tidak lengkap
3. Alat bantu standar/pabrikasi yang ada di sekolah tidak mencukupi.
4. Alat bantu standar/pabrikasi ada yang rusak atau tidak dapat digunakan.
5. Sekolah tidak/belum memiliki alat bantu standar/pabrikasi.
6. Sejalan dengan tuntutan kurikulum, tujuan desain dan pembuatan alat adalah untuk : a. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar;
b. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajarinya;
c. Menyadarkan adanya keterkaitan konsep dengan kehidupan sehari-hari.
7. Memberi variasi
Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat dianjurkan, karena dengan memanfaatkan alat peraga yang sesuai dengan materi, pembelajaran kimia akan lebih efektif dengan langsung memperagakan dan melakukan percobaan. Selain itu dengan menggunakan alat peraga, pembelajaran kimia yang dikenal ssiwa sebagai mata pelajaran yang rumit dan sukar dipelajari, akan menjadi lebih mudah dipahami, menyenangkan bagi peserta didik dan guru dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran.
Baik sahabat disini saya ingin share e-book tentang alat peraga semoga bermanfaat.
Silakan unduh di sini
0 komentar:
Posting Komentar