Rabu, 23 Januari 2019

Konsep Mol dan Stoikiometri

Peta Konsep : Jembatan Mol
Sahabat pernah mendengar satuan dosin, gros, rim, atau kodi untuk menyatakan jumlah benda dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah saat kita mempelajari Kimia maka jumlah atau banyaknya partikel dinyatakan dalam satuan "mol". Satuan mol sekarang dinyatakan sebagai jumlah partikel (atom, molekul, atau ion) dalam suatu zat. 
Para ahli sepakat bahwa satu mol zat mengandung jumlah partikel yang sama dengan jumlah partikel dalam 12,0 gram isotop C-12 yakni 6,02 x 1023 partikel. Jumlah partikel ini disebut Bilangan Avogadro (NA = Number Avogadro) atau dalam bahasa Jerman Bilangan Loschmidt (L).
Jadi, definisi satu mol zat adalah banyaknya zat yang mengandung  jumlah partikel yang sama dengan jumlah partikel dalam 12,0 gram isotop C-12.
Nah sabahat, mari kita pelajari materi konsep mol dan stoikiometri melalui bahan ajar berikut. Semoga bisa membantu dalam mempelajari kimia yah.


Sampai jumpa lagi, jika ada pertanyaan silakan tinggalkan saja di komentar

4 komentar:

  1. selamat malam pak, bagaimana cara menghitung molaritas jika hanya di ketahui volumenya sahala, sedangkan nol atau massanya tidak di ketahui?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau molaritas volume diketahui, coba telusuri dengan baik apa saja yang bisa data yang bisa mendukung untuk menghitung molaritas suatu larutan. mungkin saja data yang diketahui tidak langsung bisa dipakai untuk menghitung molaritas tetapi harus melalui beberapa konsep atau tahap untuk bisa dipakai menghitung molaritas

      Hapus
  2. volumenya saja yg diketahui, mol atau massa tdk di ketahui, terus hitung molaritas bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm....coba bisa di tampilkan soalnya...

      Hapus