Kamis, 07 Februari 2019

Penelitian Tindakan Kelas

PTK = CAR : Clasroom Action Research

PEMANFAATAN ALAT PERAGA RUTAN (RUMAH ATOM) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK

ABSTRACT

Nixon Aylon Selly
(SMAN 2 Kupang, Jalan. S.K. Lerik – Kota Kupang, Telp : (0380) 831792

The purpose of this research is to know the utilization of RUTAN props in improving the motivation of learning atomic structure and periodic element system in chemistry. The research was conducted for 36 students of class X IPA of SMA Negeri 2 Kupang in school year 2017/2018. This research is a class action research with 4 (four) steps; they are planning, implementation, data collection and reflection. Research data was obtained through multi methods of questionnaire, observation, documentation, and test results learning. The results showed that: (1) Student learning motivation in cycle 1 was 84,70% (good) and it increased in cycle 2 which equal to 88,31% (very good); (2) The result of observation of student learning activity was very good, which equal to 76,74% in cycle 1 and increased in cycle 2 which equal to 79,40%; (3) The average value of the test increased from 69.44 in cycle 1 to 85.69 in cycle 2, while the learning completeness classically in cycle 1 of 53.13% increased to 91.67%. The result of this research can be concluded that: (1). Rutan prop can be used as teaching media to help students to learn atomic structure material and periodic system through direct experience such as; concrete experience in making and using rutan prop as a learning media. (2). Rutan prop can improve and motivate students of X IPA-3 to learn atomic structure material and periodic element system through learning process as 84,70 % (good) in cycle 1 and it increases as 88,31% (excellent) in cycle 2   
 
Keywords: props, learning motivation and learning outcomes


ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan alat peraga Rutan dalam meningkatkan motivasi belajar kimia materi struktur atom dan sistem periodik unsur. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kupang, kelas X IPA3 TP. 2017/2018 pada 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Data Penelitian diperoleh melalui multi metode yaitu kuesioner, observasi, dokumentasi, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa pada siklus 1 84,70% (baik) meningkat pada siklus 2 sebesar 88,31% (sangat baik); (2) Hasil observasi kegiatan belajar siswa sangat baik sebesar 76,74% pada siklus 1 meningkat pada siklus 2 sebesar 79,40%; (3) Nilai rata-rata tes meningkat dari 69,44 pada siklus 1 menjadi 85,69 pada siklus 2, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 sebesar 53,13% meningkat menjadi 91,67%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Alat Peraga Rutan (Rumah Atom) dapat menjadi media pembelajaran untuk membantu siswa mempelajari materi struktur atom dan system periodic melalui pengalaman langsung berupa pengalaman konkrit membuat dan memanfaatkan alat peraga Rutan sebagai media untuk belajar, 2). Alat peraga Rutan (rumah atom) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPA3  pada materi struktur atom dan system periodic unsur melalui pembelajaran sebesar 84,70% (kategori baik) pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88,31% (kategori sangat baik) pada siklus 2.

Kata kunci:  alat peraga, motivasi belajar dan hasil belajar

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan dalam Prosiding Seminar Penelitian Bidang IPA 2017 dengan tema " Pembelajaran Berbasis Inkuiri di Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan IPA " di Bandung Jawa Barat tanggal 7-8 November 2017 yang diselenggarakan oleh Qitep in Science
Sahabat, jika ingin melihat hasil penelitian teman-teman yang terlibat dalam kegiatan ini silakan di klik >>>>>> Prosiding Seminar Penelitian Bidang IPA 2017 <<<<<

0 komentar:

Posting Komentar