PTK = CAR : Clasroom Action Research |
PEMANFAATAN ALAT
PERAGA RUTAN (RUMAH ATOM) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA MATERI
STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK
ABSTRACT
Nixon Aylon Selly
(SMAN
2 Kupang, Jalan. S.K. Lerik – Kota Kupang, Telp : (0380) 831792
E-mail : nixonselly12@gmail.com
The purpose of this research is to
know the utilization of RUTAN props
in improving the motivation of learning atomic structure and periodic element
system in chemistry. The research was conducted for 36 students of class X IPA
of SMA Negeri 2 Kupang in school year 2017/2018. This research is a class
action research with 4 (four) steps; they are planning, implementation, data
collection and reflection. Research data was obtained through multi methods of
questionnaire, observation, documentation, and test results learning. The
results showed that: (1) Student learning motivation in cycle 1 was 84,70%
(good) and it increased in cycle 2 which equal to 88,31% (very good); (2) The
result of observation of student learning activity was very good, which equal
to 76,74% in cycle 1 and increased in cycle 2 which equal to 79,40%; (3) The
average value of the test increased from 69.44 in cycle 1 to 85.69 in cycle 2,
while the learning completeness classically in cycle 1 of 53.13% increased to
91.67%. The result of this research can be
concluded that: (1). Rutan prop can be used as teaching media to help students
to learn atomic structure material and periodic system through direct
experience such as; concrete experience in making and using rutan prop as a
learning media. (2). Rutan prop can improve and motivate students of X IPA-3 to
learn atomic structure material and periodic element system through learning
process as 84,70 % (good) in cycle 1 and it increases as 88,31% (excellent) in
cycle 2
Keywords: props, learning motivation and learning
outcomes
ABSTRAK
Tujuan
Penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan alat peraga Rutan dalam
meningkatkan motivasi belajar kimia materi struktur atom dan sistem periodik unsur.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kupang, kelas X IPA3 TP.
2017/2018 pada 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 4
langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Data
Penelitian diperoleh melalui multi metode yaitu kuesioner, observasi,
dokumentasi, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Motivasi belajar siswa pada siklus 1 84,70% (baik) meningkat pada
siklus 2 sebesar 88,31% (sangat baik); (2) Hasil observasi kegiatan belajar
siswa sangat baik sebesar 76,74% pada siklus 1 meningkat pada siklus 2 sebesar
79,40%; (3) Nilai rata-rata tes meningkat dari 69,44 pada siklus 1 menjadi
85,69 pada siklus 2, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1
sebesar 53,13% meningkat menjadi 91,67%.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Alat Peraga Rutan (Rumah Atom)
dapat menjadi media pembelajaran untuk membantu siswa mempelajari materi
struktur atom dan system periodic melalui pengalaman langsung berupa pengalaman
konkrit membuat dan memanfaatkan alat peraga Rutan sebagai media untuk belajar,
2). Alat peraga Rutan (rumah atom)
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPA3 pada materi struktur atom dan system periodic
unsur melalui pembelajaran sebesar 84,70% (kategori baik) pada siklus 1 dan
meningkat menjadi 88,31% (kategori sangat baik) pada siklus 2.
Kata kunci: alat peraga, motivasi belajar dan hasil
belajar
Hasil penelitian ini sudah diterbitkan dalam Prosiding Seminar Penelitian Bidang IPA 2017 dengan tema " Pembelajaran Berbasis Inkuiri di Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan IPA " di Bandung Jawa Barat tanggal 7-8 November 2017 yang diselenggarakan oleh Qitep in Science
Sahabat, jika ingin melihat hasil penelitian teman-teman yang terlibat dalam kegiatan ini silakan di klik >>>>>> Prosiding Seminar Penelitian Bidang IPA 2017 <<<<<
0 komentar:
Posting Komentar