Sabtu, 25 April 2020

Mengenal Portal Rumah Belajar sebagai Platform Pembelajaran Berbasis Teknologi yang disediakan oleh Kemdikbud


Di era industry 4.0 pembelajaran berbasis teknologi merupakan hal yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik sebagai sarana atau fasilitas komunikasi yang dapat mendukung interaksi antar komunitas. Apalagi saat sekarang ini, dimana dunia dilanda oleh adanya pandemic virus corona SARS-COV 2 atau lebih dikenal sebagai Covid-19.

Tulisan ini saya tulis,sebagai bagian dari mengisi waktu bekerja dari rumah (WFH) seperti yang dianjurkan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19. Sejak tanggal 20 Maret 2020, sekolah sudah diliburkan alias guru, pegawai dan peserta didik dirumahkan untuk mencegah terjadinya penularan atau penyebaran virus Covid-19. Namun bukan libur tanpa aktifitas tentunya, tetapi oleh pemerintah Bekerja dari Rumah (WFH).

Guru mengajar dari rumah begitu juga siswa harus tetap belajar walaupun dari rumah. Nah apa perlu dibuat untuk  memenuhi hal ini. Banyak metode yang disarankan oleh pemerintah daerah agar tidak terjadi kekosongan dalam pembelajaran selama masa pandemic Covid-19. Ada pembelajaran secara offline dengan cara penugasan dalam bentuk guru menyiapkan materi dan soal-soal kemudian mengirimkan kepada peserta didik untuk dipelajari dan dikerjakan kemudian dikumpulkan. Namun apakah ini efektif atau yang diharapkan dari pembelajaran dari rumah?

Belajar tentunya perlu interaksi tetapi dimasa pandemic Covid-19, interaksi seperti pembelajaran pada umumnya tentulah sangat tidak disarankan. Apa yang perlu dilakukan? Selain metode pembelajaran yang sudah saya sampaikan di atas sesuai dengan salah satu harapan dari pemerintah, maka metode lainnya yang dapat digunakan di masa pandemic Covid-19 ini adalah pembelajaran berbasis teknologi atau pembelajaran secara online.


Banyak platform pembelajaran berbasis teknologi yang di luar sana ditawarkan kepada masyarakat pendidikan baik guru dan peserta didik, misalnya saya kutip dari media Kompas.com tanggal 15 Maret 2020 bahwa terdapat pihak yang focus mengembangkan system pendidikan secara daring antara lain Google Suite Education (akses google classroom), kelas pintar, Microsoft Teams (akses office 365), Quipper School, Ruangguru, sekolahmu dan juga Zenius. Dari platform system pendidikan yang dipaparkan di atas tidak kalah menarik salah satu platform yang disediakan oleh Kemdikbud adalah Rumah Belajar yang dapat digunakan sebagai aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android.

Sahabat, kenapa saya ingin memperkenalkan portal rumah belajar ini? Kebetulan saya dulu pernah mengikuti kegiatan pembaTIK yang diselenggarakan oleh Pustekkom. Memang tidak semua saya pahami dan mengerti, masih ada yang yang lebih paham tentang Rumah Belajar dari saya, yang pastinya ada duta-duta Rumah Belajar dari setiap Provinsi yang pada luar biasa. Namun seperti yang sudah tuliskan di atas bahwa untuk mengisi waktu, saya ajak sahabat pembaca blog pojok kimia untuk mengenal portal Rumah Belajar Kemdikbud yang mungkin saja kita bisa gunakan sebagai salah satu platform pembelajaran online selama masa dirumah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Portal Rumah Belajar merupakan aplikasi pembelajaran jarak jauh yang dikembangkan oleh Kemendikbud melalui Pustekom. Portal pembelajaran ini menyedikan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang dapat mendukung interaksi antar komunitas. Dimana dengan menggunakan Rumah Belajar kita dapat belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja artinya pembelajaran yang tidak berbatas jarak dan waktu. Fitur-fitur yang dapat di akses dalam portal Rumah Belajar ini diantaranya terdiri atas Fitur Utama (Sumber belajar, Kelas digital, Bank soal dan Laboratorium Maya) dan Fitur pendukung (Peta budaya, BSE, Wahana jelajah angkasa, karya Bahasa dan sastra serta pengembangan keprofesian berkelanjutan). Berikut sedikit perkenalan kita dengan Fitur Utama Rumah yang nanti kita dapat gunakan di masa pandemic Covid-19 sebagai platform belajar jarak jauh/daring kita.


1.  Sumber Belajar

Fitur ini menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum, dimana materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan

2.   Kelas Digital
      Fitur ini khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tatap muka antara guru dan peserta didik. Dengan fitur ini guru dalam memberikan bahan ajar yang dapat dikases dan dibagikan kepada siswa. Fitur ini dikenal juga sebagai Kelas Maya

3.   Bank Soal
      Fitur ini merupakan kumpulan bank soal dan materi evaluasi peserta didik yang sudah dikelompokkan berdasarkan topic ajar. Selain itu tersedia akses soal latihan, ualngan dan ujian.

4.   Laboratorium Maya

Fitur ini menyediakan simulasi praktikum laboratorium secara digitasl yang disajikan secara interaktif dan menarik yang dikemas bersama lembar kerja perserta didik dan teori praktikum yag dikerjakan

Sahabat baca pojok kimia, mungkin ini sedikit perkenalan kita dengan salah satu platform pembelajaran jarak jauh Kemendikbud yaitu Portal Rumah Belajar yang dapat kita manfaatkan sebagai aplikasi belajar dari rumah yang pastinya gratis alias tak berbayar tinggal disiapkan paket datanya saja untuk akses ke portal : https://belajar.kemdikbud.go.id/.  Paket data pasti yah, untuk akses facebook, Whatsapp atau Instagram saja perlu paket data.

Salam Sehat Selalu …

Selanjutnya >>>>>
BACA : Cara Mendaftar ID User di Kelas Digital Portal Rumah Belajar Kemdikbud

0 komentar:

Posting Komentar