Selasa, 02 Oktober 2018

Hidrokarbon


Halo sahabat ... 

Hari ini kita akan belajar mengenal senyawa hidrokarbon, untuk jelasnya mari kita mulai dengan mengenal atom karbon. Pada pokok bahasan ini akan dibahas tentang kekhasan atom karbon, klasifikasi senyawa hidrokarbon dan reaksi-reaksi senyawa hidrokarbon. 

Atom karbon merupakan atom paling banyak yang menyusun tubuh makhluk hidup dan di alam semesta, senyawa dari atom karbon menduduki jumlah terbanyak. Senyawa yang disusun oleh atom karbon dinamakan senyawa karbon atau senyawa organik. Senyawa karbon paling sederhana adalah hidrokarbon yang hanya mengandung karbon (C) dan hidrogen (H). Di alam, hidrokarbon banyak ditemukan pada minyak bumi dan gas alam.

"Mengapa atom karbon menjadi atom penyusun senyawa terbanyak di alam semesta ini? Apakah atom karbon mempunyai sifat khusus, sehingga dapat membentuk senyawa yang paling banyak di alam semesta ini?"

Senyawa hidrokarbon disebut senyawa organik karena para ahli mengasumsikan bahwa senyawa hidrokarbon terdapat dalam makhluk hidup. Sampai Friedric berhasil mensintesis urea yang biasanya terdapat dalam urine makhluk hidup. 


Istilah organik digunakan karena pengelompokkan senyawa hidrokarbon dalam senyawa organik bukan karena adanya atom karbon tapi karena karakteristik senyawa yang dibuktikan adanya senyawa yang terdiri dari atom C seperti CO2 tapi bukan termasuk dalam senyawa anorganik.
Adanya Hidrogen, Karbon dan oksigen bisa diidentifikasi dengan memanaskan senyawa hidrokarbon. adanya Karbon dalam senyawa organik ditunjukkan dengan bisa tidaknya mengkeruhkan air kapur. karena senyawa hidrokarbon yang dipanaskan akan menghasilkan CO2 yang bisa mengkeruhkan air kapur. keberadaan H bisa dilihat dari bisa tidaknya hasil pemanasan merubah warna kertas kobalt dari biru menjadi pink karena kertas kobalt akan berubah menjadi pink jika bereaksi dengan H2O

Untuk mempelajari materi senyawa hidrokarbon pada link berikut sudah saya siapkan bahan ajar untuk dipelajari, silakan di klik/unduh disini untuk dipelajari secara mandiri. 

selamat belajar semoga sukses.

0 komentar:

Posting Komentar